Penjelasan Lengkap Tentang Reksa Dana
Penjelasan Lengkap Tentang Reksa Dana

Penjelasan Lengkap Tentang Reksa Dana

76 views

32852pch.com – Penjelasan lengkap tentang reksa dana. Apa itu reksadana? apa plus minusnya? gimana cara belinya? sebenarnya sudah banyak artikel-artikel di google yang menjelaskan tentang reksadana tapi hampir semuanya ada unsur jualannya. Maksudnya di artikel-artikel yang sudah ada kebanyakan akhirnya jualan website atau service.

Biasanya yang dijual itu kaya gini “wah reksadana bisa untung 20% per tahun ayo beli reksadana belinya lewat tempat saya ya! Klik link ini bla-bla-bla” nah itu bisa agak bias karena kalo kita jelasin reksadana tapi tujuannya jualan yang saya perhatikan banyak artikel yang tidak menjelaskan sisi minusnya.

Misalnya tentang biayanya atau tentang adanya potensi kerugian di reksadana dan jadinya itu seperti jual janji manis aja. Nah yang saya coba bikin artikel yang tidak jualan bener-bener saya ingin memperkenalkan kepada pembaca mengenai apa sih reksadana?

Tidak hanya menjelaskan positifnya tapi juga akan bahas apa sih potensi negatifnya Ok! kita mulai ya! mengenai Penjelasan lengkap tentang reksa dana Jadi reksa dana adalah wadah yang kita gunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal atau investor yang kemudian diserahkan ke perusahaan.

Perusahaan tersebut bertugas sebagai manager investasi untuk di investasikan ke berbagai instrumen keuangan lain beberapa instrumen keuangan tersebut seperti saham obligasi dan pasar uang jenis reksadana tersebut menentukan kemana uang kita akan di investasikan.

Penjelasan lengkap tentang reksa dana Jenis-jenis Reksa Dana

  1. Reksa Dana Pasar Uang, uang kita akan di investasikan ke deposito dan sertifikat Bank Indonesia.
  2. Reksadana pendapatan tetap untuk yang jenis ini mayoritas uang kita akan dimasukan ke obligasi atau surat hutang.
  3. Reksa Dana saham untuk jenis ini uang kita 80% ke atas akan di belikan saham
  4. Reksadana Campuran, sesuai namanya untuk reksadana ini uang kita bisa masuk ke obligasi maupun saham dan juga depoisto.

Nah kenapa kita gak investasikan sendiri saja ke saham atau obligasi apa sih untungnya lewat reksadana? kita langsung bahas di positif dan negatifnya reksadana.

Baca juga:

Plusnya Reksa Dana

1. Adanya Manager Investasi

Adanya manager investasi, “SBI itu apa sih? obligasi atau bond itu apa? beli saham gimana ya caranya?” kalau kita sebagai orang awam dan gak bisa jawab tiga pertanyaan itu dan gak punya waktu juga untuk cari tau lebih baik kita investasi di reksadana. karena harapannya sang mangaer investasi ini dia itu kan seorang profesional keuangan ahli dan berpengalaman ceritanya dalam berinvestasi.

Jadi kita tinggal titipkan uang kita ke dia ke mereka dan mereka yang akan mikir caranya gimana untuk diversifikasi dan gimana caranya untuk dapat keuntungan maksimal jadi intinya keuntungannya kita bisa titipkan uang kita ke orang yang ngerti cara berinvetasi dan dia yang akan mengembangkan uang kita

2. Reksadana Bisa Di Beli Eceran

Maksudnya dengan uang yang relatif kecil yaitu dengan Rp 100.000,- kita sudah bisa mulai beli reksadana coba kalau kita bandingin dengan instrumen keuangan kalau kita beli sendiri deposito misalnnya utuk kita bisa dapat bunga deposito tinggi yang kira-kira setara dengan reksadana pasar uang itu biasanya minimum kita masukan uang Rp 1.000.000.000,- untuk obligasi umumnya minimal kita harus beli dalam kelipatan Rp 5.000.000,- atau bahkan 50.000.000,- untuk obligasi.

Lalu untuk saham kita minimal harus masuk satu lot atau seratus lembar dan harganya itu sangat tergantung harga saham bisa aja satu lembarnya itu Rp 50.000,- nah umumnya brokerpun mengharuskan minimal kita melakukan penempatan dana Rp 5.000.000,- untuk bisa mulai jual beli saham jadi keuntungan kedua ini adalah orang-orang yang tadinya uangnya tidak cukup memulai investasi sendiri kalau pake reksa dana dia bisa masuk kecil-kecilan dari Rp 1.00.000,- tadi.

3. Resksadana Bisa di Jual Kapan Saja atau Liquid

Kita bisa bandingkan misalnya dengan deposito dimana kita harus menunggu jatuh tempo dulu baru bisa di cairkan kalau reksadana kita bisa cairkan kapan saja

Minusnya Reksa Dana

1. Ada Fee

Adanya fee untuk manger investasi, fee untuk manager investasi itu bervareasi biasanya akan ada fee dua kali yang pertama itu ketika kita transaksi beli reksadana fee nya umumnya 1%-3% kemudian nantinya ada fee ketika kita jual biasanya 0,5%-1% nah jadi sebelum kita pilih reksadana jangan lupa untuk cek dan hitung fee nya berapa

2. Kinerja Buruk Manager Investasi

Jadi ini juga bisa menjadi sisi minus karena banyak juga saat-saat dimana manager investasi yang kita pilih tidak menghasilkan kinerja yang di inginkan misalnya kinerjanya kalah dibanding produk lain dari mangrer investasi sebelah atau bahkan bisa juga reksa dana saham kinerjanya bisa lebih buruk daripada indek saham ini sedih juga kita udah bayar fee 2% tapi ternyata kinerjanya kalah dibandingkan dengan indek.

Jadi sebenarnya kalau kita punya niat untuk belajar instrumen keuangan atau belajar saham dan kita punya waktu untuk melakukannya. Bisa jadi akan lebih baik jika kita melakukannya sendiri tanpa lewat reksadana

3. NAB Transaksi

NAB belum sentel pada saat transaksi, NAB itu adalah harga reksa dana yang kita liat di daftar reksa dana atau di menu reksa dana yang ada di bank misalnya itu adalah NAB/UB atau harga/unit reksa dana ini dihitungnya dengan menjumlahkan total dan yang dikelola di bagi dengan total unit.

Nah NAB ini baru akan dihitung dan baru akan setel di akhir hari jadi ketika kita akan transaksi di siang hari kita nggak akan tau dong kita lagi beli atau jual di NAB harga berapa saat transaksi dan ini akan di perparah lagi kalau kita beli di Bank, Karena kalau kita beli reksadana di Bank kita harus transaksi sebelum jam 12:00 siang untuk dapat harga NAB hari itu. jadi kalau misalnya kita beli jam 15:00 kita akan mendapat NAB di hari besoknya yang kita lebih gak tau lagi itu di harga berapa. jadi untuk harga reksdana saham bisa aja ada perubahan signifikan di akhir hari yang tidak sesuai dengan prediksi kita, misalnya kita prediksi di harga murah bisa aja di setengah hari terakhir harganya naik ternyata kita beli di harga yang tidak sesuai dengan prediksi kita.

Gallery for Penjelasan Lengkap Tentang Reksa Dana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *